Searching...

Coriander Daun



Coriander leaves atau daun ketumbar berwarna hijau dengan tepian bergerigi. Sedangkan bunga majemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda.

Ketumbar (Coriandrum sativum) sendiri adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro.

Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan. Seperti halnya seledri, tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.


Pemanfaatan ketumbar diambil dari daun, biji dan buahnya. Disebutkan pula, ketumbar mengandung lemak dan abu. Sedangkan dalam catatan ensiklopedi Wikipedia disebutkan, khasiat ketumbar tidak sebatas pelancar proses pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Tak hanya bijinya saja yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar diberi nama phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar juga beraroma tajam.

Dalam buku Top 100 Tanaman Obat Tradisional, Tri Widayat menuliskan, ketumbar biasanya digunakan sebagai pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).

Untuk pengobatan dalam biasanya ketumbar direbus kemudian ditambah dengan beberapa bahan lain, air rebusannya disaring lalu diminum secara rutin. Cara ini digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi, influenza, batuk, memperbanyak ASI, muntah-muntah, radang lambung, keracunan jamur, dan haid.

Sedangkan untuk pengobatan luar, biasanya ketumbar dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur air dan bahan lain. Ramuan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara ini dilakukan untuk perut kembung dan sakit kepala.

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Anda pastinya sudah mengenal Daun ketumbar atau cilantro yang umumnya digunakan dalam membuat masakan Indonesia. Tapi ternyata disamping dapat digunakan untuk masakan, Cilantro mempunyai khasiat lain bagi kesehatan antara lain :

Mengecilkan perut besar, Cilantro adalah sumber alamiah top dari limonene. Flavonoid ini menghambat perut mengabsorp lemak-lemak jenuh dan menghantarnya ke liver agar segera dieliminasi, jelas para ahli University of Western Ontario, kanada. Selain itu beberapa studi terpisah menunjukkan, hanya 1 sendok teh bumbu masakan segar ini dapat secara cepat menenangkan saluran cerna, mengatasi kembung dalam 24 jam.

Menciptakan rasa senang, Sedikit cilantro bisa membangkitkan rasa senang dalam sekejap. Khasiat ini berasal dari kandungan kaempferol, sejenis phytochemical yang mempercepat pembakaran glukosa yang memberikan energi, begitu menurut sebuah studi jepang.Kaempferol juga meningkatkan rasa senang dengan melumpuhkan monoamine oxidase, sejenis enzim yang mencegah hormon bahagia (serotonin dan dopamine).

Membunuh kuman, kandungan alkohol cilantro, borneol, membunuh virus dengan melarutkan kulit berlemak yang mengandung microorganisme ini. Para ahli georgetown University Medical Center di Washington Dc, Menemukan borneol membunuh kuman yang ditularkan dari makanan seperti E.coli sama baiknyua dengan antibiotik resep dokter.

Kulit Cantik, Menaburkan satu sendok teh cilantro ke dalam makanan setiap hari dapat menurunkan resiko kanker kulit sampai 30 %. Bumbu segar ini mengandung antioksidan caffeic acid dan chlorogonic acid yang melahap radikal-radikal bebas penyebab kanker yang dihasilkan sinar matahari, begitu menurut temuan riset di Vanderbilt University di Nashville. Proses ini juga melindungi kulit dari kerut dan tanda-tanda kerusakan sinat UV lainnya.

Khasiat Obat, Minyak esensial daun ketumbar mengandung senyawa antibakteri dan dapat digunakan sebagai fungsida. Diduga bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing. Daun dan biji ketumbar membantu pencernaan, mengeluarkan gas dalam perut, mengatasi mual, meredakan inflamasi, sakit rematik, sakit kepala, dan stress mental. Biji ketumbar diduga mengandung senyawa yang dapat menurunkan kolesterol. (sumber:lezat)


 
Back to top!